Up Coming Event!

Posted on May 11, 2009

0


13 May 2009

IKJ, 15.00

Klub Kajian Film IKJ akan mengundang dua eksponen JKFB: Bowo Leksono (pembuat film) dan Dimas Jayasrana (ex. Youth Power) untuk bicara tentang sejarah dan kerja JKFB sekaligus memutar beberapa film dari Banyumas.

Jaringan Kerja film Banyumas (JKFB) adalah asosiasi komunitas film di Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. JKFB sebelumnya berdiri sebagai forum komunikasi jaringan komunitas film di Banyumas yang kemudian berkembang menjadi badan asosiasi komunitas film Banyumas.

Produksi film di Banyumas diawali oleh adanya pemutaran/eksebisi film yang berlangsung di kampus-kampus, dengan salah satu yang terkenal, kelompok Youth Power. Sebuah kelompok kerja nirlaba lintas seni. Kelompok inilah yang melahirkan karya film perdana berjudul Kepada Yang Terhormat Titik 2 (2001) disusul kemudian ‘Surat Pukul 00:00” (2002). Selama 4 tahun berturut-turut, kelompok ini membuat parade film bertajuk ‘Pesta Sinema Indonesia’. Hasilnya, film menjadi pilihan cabang seni baru di kalangan anak muda dan seniman pada umumnya di Kabupaten Banyumas.

Komunitas film di Purbalingga dimulai oleh Laeli Leksono Film di tahun 2004. Mereka memvisualkan cerita pendek karya penulis Ahmad Tohari berjudul ‘’Orang Buta dan Penuntunnya”. Film ini menjadi yang pertama di Purbalingga yang sempat diputar di sekolah-sekolah, antarkampus, dan kantong-kantong budaya. Film ini diproduksi oleh film-film lain yang membuat JKFB sebagai ‘contoh sukses’ komunitas film di luar Jakarta.

Posted in: Uncategorized