Bedah Buku “Kuasa dalam Sinema: Negara, Masyarakat dan Sinema Orde Baru”

Posted on May 14, 2010

0


Tahun ini kita menyaksikan terbitnya sebuah terjemahan dari sebuah buku penting tentang sinema Indonesia. Buku tersebut berjudul “Kuasa dalam Sinema:Negara, Masyarakat dan Sinema Orde Baru”, yang ditulis oleh Krishna Sen, dengan judul asli ” Indonesian Cinema: Framing the New Order” yang terbit tahun 1994.

Buku ini merupakan salah satu dari sedikit buku penting tentang kajian sinema di Indonesia yang terbit dalam bahasa Inggris. Bahkan mungkin bisa dikatakan bahwa buku ini merupakan satu-satunya referensi yang masih dipakai banyak orang mengenai sinema Indonesia.

Klub Kajian Film IKJ mengundang Intan Paramaditha, mahasiswa Ph.D dalam bidang kajian sinema di Departemen Cinema Studies, New York University untuk membahas buku tersebut dalam lingkup sumbangannya terhadap kajian sinema Indonesia secara umum, dan telaah politik representasi Orde Baru secara khusus, serta pokok-pokok penting dan perkembangan mutakhir dari kajian sinema INdonesia sendiri.

Acara akan berlangsung hari Rabu, 19 Mei 2010, pkl. 16.00
Di Fakultas Film dan Televisi IKJ

Acara terbuka untuk umum dan bersifat gratis.

Buku “Kuasa dalam Sinema: Negara, Masyarakat dan Sinema Orde Baru” diterbitkan oleh Penerbit Ombak, pada tahun 2009. Buku ini bisa didapatkan di toko buku-toko buku terdekat.

Posted in: Uncategorized